Faktor Resiko Penyakit Kanker Payudara

Mengetahui Faktor Resiko Penyakit Kanker Payudara Yang Menjadi Momok Setiap Wanita !

Kanker payudara menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi kaum wanita, baik wanita muda maupun yang semakin bertambah tua. Belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker payudara ini. Namun anda perlu mengetahui beberapa faktor resiko penyakit kanker payudara yang perlu anda ketahui, diantaranya :
  • Pertambahan usia
Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia.
  • Faktor genetik
Adanya perubahan pada gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2 memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dan indung telur.
  • Riwayat keluarga dengan kanker payudara. Risiko mengalami kanker payudara lebih tinggi jika:
- Terdapat satu atau lebih keluarga keturunan tingkat pertama, yaitu ibu, saudara wanita, atau anak perempuan, yang mengalami kanker payudara—terutama bila didiagnosis sebelum menopause.
- Keluarga tingkat kedua seperti nenek, tante, atau keponakan wanita dari pihak ayah maupun ibu terkena kanker payudara.
- Riwayat keluarga memiliki kanker pada kedua payudara sebelum menopause.
- Dua atau lebih saudara memiliki kanker payudara atau indung telur.
- Saudara lelaki dengan riwayat kanker payudara.
Baca Juga : Nyeri Pada Payudara Dan Ketiak
Meski anda tidak memiliki riwayat keluarga penderita kanker payudara, tetapi resiko penyakit kanker payudara tetap ada.
  • Riwayat reproduksi
- Menstruasi sebelum usia 12 tahun.
- Kehamilan pertama saat usia di atas 30 tahun dan tidak mencapai usia kehamilan cukup bulan.
- Tidak pernah hamil.  
- Menopause setelah usia 55 tahun.
  • Menggunakan terapi kombinasi hormon
Menggunakan terapi hormon untuk mengganti kehilangan estrogen dan progesteron saat menopause lebih dari 5 tahun dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Riwayat terapi radiasi
Wanita yang pernah menjalani terapi radiasi pada bagian dada atau payudara (seperti pada limfoma hodkin) sebelum usia 30 tahun berisiko tinggi mengalami kanker payudara di kemudian hari.
  • Faktor lain
Hal-hal lainnya yang mungkin menyebabkan kanker adalah merokok, ekspos terhadap zat kimia yang menyebabkan kanker (karsinogenik), dan bekerja pada shift malam.

Faktor diatas menjadi salah satu hal yang perlu anda waspadai.

Untuk mencegah kanker payudara, beberapa pakar kesehatan berkata jika kaum hawa, khususnya yang sudah memasuki fase menopause untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari. Olahraga ringan layaknya berjalan bisa menjadi pilihan olahraga harian dan jika dilakukan dengan rutin, resiko mendapatkan penyakit kanker berbahaya ini pun jauh berkurang. Selain itu, jangan biarkan badan mengalami obesitas sehingga tubuh pun bisa menjadi lebih baik untuk mencegah penyakit kanker payudara.

Dan jika untuk mencegah dan mendeteksi dini kanker payudara, anda dapat dapat melakukan langkah SADARI ( periksa payudara sendiri ), yaitu dengan cara rutin memeriksa payudara sendiri dengan meraba-raba dengan menghadap kaca setiap 7 hari setelah masa menstuasi.
Baca Juga : Mengenal Perbedaan Benjolan Kanker Dan Non Kanker

Semoga informasi tentang faktor resiko penyakit kanker payudara ini bermanfaat untuk anda !!

Posting Komentar