Mencegah Penularan Penyakit Herpes

Mencegah Penularan Penyakit Herpes Penyakit Kulit Yang Mengganggu !!

Sejatinya, setiap orang tentu ingin senantiasa dalam keadaan sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit, meski hanya penyakit ringan saja. Namun ditengah kemodernan ini, dan dizaman serba instant, kita menjadi lebih susah untuk mengontrol gaya hidup, mengontrol asupakan makanan dan faktor faktor lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang penyakit herpes, serta bagaimana mencegah penularan penyakit herpes yang aman.

Penyakit herpes adalah salah satu dari sekian banyak permasalahan yang terjadi pada kulit, dimana penyakit herpes ini disebabkan oleh virus varisela zoster untuk jenis herpes zoster, dan virus herpes simplex untuk jenis herpes genital. dan penyakit herpes ini merupakan penyakit MENULAR dimana penularannya sangat mudah.
Baca Juga : Pengobatan Herpes Di Selangkangan

Dari penyebab diatas, maka dapat kita ketahui, bahwa penyakit herpes sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu herpes zoster dan herpes genital.

1. Herpes Zoster

Herpes zoster adalah jenis penyakit herpes yang disebabkan oleh virus varisela zoster, yang mana virus ini merupakan virus yang saman yang menyebabkan cacar air. Virus ini dapat meninfeksi saraf atau kulit, sehingga ketika seseorang akan menderita penyakit ini sering muncul rasa sakit pada daerah sekitar kulit yang terkena.

Virus ini dapat tumbuh atau tersebar di seluruh bagian tubuh. dan dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita, atau melalui benda-benda perantara.

Berikut beberapa gejala herpes zoster, diantaranya :

  • Ruam yang kemudian menjadi luka melepuh berisi cairan yang disertai gatal ( seperti cacar air ).
  • Rasa sakit atau sensasi terbakar pada kulit.
  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Rasa lelah dan tidak enak badan, dan lain lain.
2. Herpes Genital ( herpes simplex )

Herpes genital atau herpes simplex adalah salah satu jenis penyakit herpes yang disebabkan oleh virus herpes simplex ( VHS ). Virus herpes simplex ini juga termasuk salah satu penyakit seks menular, yang mana penularannya melalui kontak langsung dengan penderita, seperti pada saat berhubungan seksual, ciuman dan lainnya.

Gejala herpes genital dapat berupa :

  • Luka yang terbuka dan terlihat merah tanpa disertai rasa sakit, gatal, atau geli.
  • Sensasi rasa sakit, gatal, atau geli di sekitar daerah genital atau daerah anal.
  • Luka melepuh yang kemudian pecah dan terbuka di sekitar genital, rektum, paha, dan bokong.
  • Merasakan sakit saat membuang air kecil.
  • Sakit punggung bawah.
  • Mengalami gejala-gejala flu seperti demam, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan.
  • Luka terbuka atau melepuh pada leher rahim.
  • Adanya cairan yang keluar dari vagina.

Cara Mencegah Penularan Penyakit Herpes

Tentunya tidak ada orang yang mau tertular penyakit, seperti penyakit herpes ini. Ada beberapa hal atau langkah untuk mencegah penularan penyakit herpes, baik itu herpes zoster maupun herpes genital. Diantaranya :

Mencegah penularan penyakit herpes zoster

Langkah pencegahan utama yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko herpes zoster adalah dengan menerima vaksin herpes zoster. Vaksin herpes zoster disarankan untuk diberikan pada usia di atas 50 tahun.

Vaksin juga dapat diberikan pada orang yang pernah menderita herpes zoster untuk mencegah kekambuhan. Walau tidak mencegah terkena herpes zoster sepenuhnya, vaksinasi ini setidaknya bisa mengurangi keparahan gejala penyakit ini dan penderita akan lebih cepat sembuh.

Anda juga dapat mencegah penularan herpes zoster dengan cara sederhana berupa tidak meminjam barang-barang pribadi pengidap (misalnya handuk atau pakaian).


Dari penularannya, penyakit herpes genital ini yaitu melalui kontak langsung dengan penderita, terutama berhubungan seksual, baik vaginal, anal, oral, aupun melalui alat bantu seksual.

Menggunakan kondom saat berhubungan seksual juga dapat mengurangi resiko terkena herpes genital ini, meski tidak sepenuhnya aman.

Hindari pula berhubungan seksual ketika anda atau pasangan memiliki luka terbuka, sebab virus bisa menular melalui luka terbuka tersebut, dan tingkat penularan virus ini akan semakin tinggi, ketika sedang mengalami infeksi.

Pada wanita hamil, yang merencanakan kehamilan atau sedang hamil dan dicurigai mengidap herpes, disarankan untuk melakukan tes infeksi TORCH. TORCH adalah sekelompok virus yang terdiri dari virus toksoplasmosis, rubela, sitomegalovirus, virus herpes simpleks, dan virus lain (misalnya sifilis, cacar air, gondongan, parvovirus dan HIV). Tes infeksi TORCH dilakukan untuk memastikan status herpes pada ibu sehingga jika terdiagnosis positif, penanganan bisa dilakukan agar janin tidak terinfeksi virus. ( alodokter.com )

Memperkenalkan salah satu herbal alternatif untuk membantu pencegahan dan pengobatan penyakit herpes yang baik dan aman. Ialah herbal JELLY GAMAT GOLD-G yang dibuat dari ekstrak teripang emas ( golden stichopus variegatus ) yang mana sudah banyak orang yang telah mencoba khasiatnya, dan dengan hasil yang baik, dan tanpa efek samping serta ketergantungan.

Selain itu herbal jelly gamat gold-g ini aman untuk di konsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari balita hingga dewasa, dan aman juga pada ibu hamil dan menyusui. Ditambah herbal jelly gamat gold-g ini telah terdaftar di BPOM RI, besertifikat HALAL, dan telah banyak direkomendasikan oleh banyak orang, sehingga kualitas dan khasiatnya tidak perlu anda ragukan.

Informasi seputar obat herbal jelly gamat gold-g, anda dapat menghubungi kami langsung di :

No Hp : 0823.2030.3885 atau 0822.4005.5477

PIN BB : 28489BE1

Semoga informasi tentang bagaimana mencegah penularan penyakit herpes ini bermanfaat untuk anda !!

Posting Komentar